Otomotif

3 Komponen Mobil Toyota yang Wajib Diganti secara Rutin di Bengkel Resmi

Tahukah Anda, bahwa sekarang ini sudah ada banyak dealer Toyota Jakarta yang bisa ditemui. Akan tetapi, pastikan dealer tersebut resmi serta sudah menyediakan bengkel khusus untuk service rutin. Tentu semakin mudah menjadikannya sebagai langganan saat ingin merawat kendaraan kesayangan,

Komponen Mobil Toyota yang Perlu Diganti secara Rutin

Sangat penting bagi Anda untuk merawat kendaraan dengan mengganti beberapa komponennya secara rutin. Tepatnya yakni sekitar 6 bulan sekali atau mengikuti jadwal service yang memang telah disediakan oleh pabrikan mobilnya. Berikut beberapa komponen yang perlu diganti tersebut:

  1. Kampas dan Minyak Rem

Komponen yang satu ini wajib Anda ganti secara rutin. Adapun waktu terbaik untuk menggantinya yakni saat mendengar suara berisik ketika mengerem. Tentu hal tersebut termasuk salah satu indikasi jika mobil perlu segera diganti kampasnya. Setiap kampas sendiri hanya bertahan per 35 ribu kilometer saja.

Akan tetapi, apabila Anda mengemudikan kendaraan dengan santai dan berhati-hati, komponen ini bisa saja bertahan sampai 100 ribu kilometer. Tidak heran jika penggunaan kendaraan sangat berpengaruh terhadap komponen tersebut.

  1. Filter Udara

Anda juga perlu mengganti filter udara pada kendaraan secara berkala. Filter udara ini sendiri memiliki fungsi untuk menyaring partikel debu maupun kotoran sebelum akhirnya masuk ke ruang bakar. Dengan begitu, mesin hanya akan memperoleh udara bersih.

Pastinya proses pembakaran yang terjadi pada kendaraan ini semakin sempurna. Oleh sebab itu, jangan membiarkan kotoran menumpuk di bagian filter udara tersebut. Pastikan Anda melakukan penggantian secara rutin di bengkel resmi.

  1. Oli

Komponen lainnya yang juga perlu Anda ganti secara rutin tidak lain yakni oli. Oli berfungsi sebagai media pelumas di dalam mesin agar memiliki kinerja lancar tanpa adanya hambatan. Saat ini sendiri terdapat dua tipe oli yakni sintetis serta non sintetis.

Untuk oli sintetis sendiri memiliki masa pakai yang jauh lebih lama, yakni sekitar 10.000 kilometer. Sedangkan jika memilih memakai oli non sintetis maka perlu mengganti dengan jangka per 5.000 kilometer. Pastikan jangan sampai mesin mobil Anda kehabisan oli.

Anda dapat mengganti komponen mobil hanya di bengkel milik dealer Toyota resmi. Dengan begitu, tentu saja akan mendapatkan hasil maksimal. Kendaraan juga dapat terjaga kondisinya sehingga tidak perlu khawatir akan mengalami masalah saat ingin dipakai sewaktu-waktu.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *