Informasi

Mari Kenali Fungsi Bulldozer

Dozer atau Bulldozer sebagai salah satu alat berat tambang memiliki peran penting dalam proyek konstruksi. Alat berat satu ini memiliki fungsi utama mendorong material atau tanah yang hendak dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Selain itu, alat berat ini juga dapat menarik beban meski dalam jarak pendek.

Untuk lebih lengkapnya, kali ini kita akan membahas manfaat dan fungsi dari alat berat Bulldozer. Yuk simak beberapa penjelasan berikut ini.

  1. Menggali tanah

Meski biasanya dilakukan dengan excavator, proses penggalian tanah juga terkadang dilakukan dengan menggunakan bulldozer. Proses penggalian tanah menggunakan bulldozer biasa dilakukan ketika hendak sekalian memindahkan tanah hasil galian dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Berbeda dengan excavator yang hanya dapat memindahkan galian dalam jumlah tertentu, bulldozer dapat memindahkan hasil galian tanah lebih banyak karena prosesnya dilakukan dengan didorong dan bukan diangkut seperti excavator.

  1. Menimbun tanah

Penimbunan tanah menjadi salah satu fungsi lain dari bulldozer. Tanah hasil galian yang diangkut oleh bulldozer kemudian dipindahkan ke lokasi lainnya dan akan dipakai untuk penimbunan kembali. Proses penimbunan ini biasanya dilakukan pada saat pembuatan gorong-gorong, menutup jalur pipa minyak maupun pipa gas alam agar tidak menyembur keluar.

  1. Membersihkan lahan

Proses pembersihan lahan atau biasa disebut dengan istilah clearing merupakan fungsi bulldozer yang lainnya. Bulldozer biasanya melakukan clearing atas lahan yang biasanya ditumbuhi oleh semak-semak liar, menebang pohon, serta mengangkut sisa-sisa pohon yang ada di lahan untuk dipindahkan ke tempat lainnya. Intinya adalah, pembersihan lahan ini dilakukan untuk membersihkan segala bentuk gangguan yang ada pada lokasi konstruksi, dari pohon, semak-semak, hingga sisa puing-puing konstruksi di lokasi.

  1. Menarik beban berat

Bulldozer yang biasanya dibentuk dari rangka baja yang kuat, biasanya juga digunakan untuk menarik beban berat pada lokasi konstruksi. Beban berat yang dimaksud bisa beragam, dari pohon, puing-puing bebatuan, hingga alat-alat berat sejenisnya yang mengalami kerusakan pada mesin, seperti mogok dan macet.

  1. Alat angkut untuk jarak pendek

Meski fungsi utamanya bukan untuk mengangkut beban, bulldozer juga masih bisa digunakan menjadi alat angkut untuk jarak pendek. Hal ini karena cangkul yang berada pada bagian depan bulldozer memiliki bentuk yang lumayan besar dan dapat digunakan untuk memindahkan angkutan material ke tempat lainnya, dari pasir, semen, kerikil, hingga material-material yang bisa saja mengganggu jalannya konstruksi, seperti semak-semak, hingga sisa puing-puing konstruksi.

Dalam pemindahannya, bulldozer biasanya dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya menggunakan kendaraan khusus. Hal ini karena bulldozer tidak dirancang untuk perjalanan jauh. Selain itu, penggunaan bulldozer juga tidak bisa sembarangan, jadi pastikan petugas yang mengoperasikan memiliki pengalaman ya.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *