Lifestyle

Manfaat Jeruk Mandarin yang Harus Anda Ketahui

Jeruk Mandarin menjadi salah satu makanan khas perayaan Imlek, yang dipercaya membawa berbagai keberuntungan bagi orang yang memakannya.

Jeruk Mandarin juga dianggap mempunyai makna positif serta membawa harapan akan keberuntungan di tahun yang baru.

Berbicara soal jeruk Mandarin, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang manfaat jeruk Mandarin sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

 

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, jeruk Mandarin juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan pada buah jeruk Mandarin terdapat kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti vitamin C dan anti oksidan. Dimana, kedua kandungan tersebut mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu.

 

Selain itu, jeruk Mandarin juga memiliki sifat antimikroba yang sangat efektif dalam mencegah infeksi pada luka, baik yang disebabkan oleh jamur, virus, maupun bakteri.

 

Jeruk Mandarin juga bisa mencegah kejang pada system pencernaan dan saraf, serta membantu mencegah kram dan muntah. Bahkan, jeruk Mandarin juga dianggap sebagai pembersih darah alami yang membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari tubuh.

 

  1. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

 

Manfaat jeruk Mandarin selanjutnya adalah dapat mengatur tekanan darah tinggi. Pasalnya, jeruk Mandarin merupakan sumber magnesium yang kaya dan akan membantu mengatur tekanan darah. Selain itu, flavonoid dalam jeruk Mandarin juga mampu membuat tekanan darah terkendali.

 

  1. Mencegah Kanker

 

Salah satu manfaat jeruk Mandarin adalah mencegah kanker. Pasalnya, kandungan vitamin C pada  jeruk Mandarin sangat berperan penting guna mencegah terjadinya kanker. Dimana, senyawa yang disebut limonene pada jeruk Mandarin memiliki sifat penghambat kanker. Senyawa ini bekerja sangat efektif untuk mendeteksi sel kanker sekaligus menghancurkannya.

 

  1. Mengatasi Kolesterol

 

Jeruk Mandarin bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah kolesterol. Pasalnya, jeruk Mandarin punya kemampuan untuk menghasilkan synephrine, senyawa yang bisa membatasi produksi kolesterol dalam tubuh.

 

Selain itu, kandungan pada jeruk Mandarin juga bersifat antioksidan yang berkontribusi dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sambil meningkatkan kolesterol baik (HDL).

 

Bukan hanya itu, kandungan antioksidan pada jeruk Mandarin juga mampu melawan radikal bebas yang mengoksidasi kolesterol serta menyebabkan penempelan kolesterol pada dinding arteri.

 

Jeruk Mandarin juga mengandung serat larut dan tidak larut yang bermanfaat untuk mencegah penyerapan kolesterol di usus.

 

  1. Menurunkan Berat Badan

 

Jeruk Mandarin kaya akan serat yang dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, mengurangi dorongan untuk makan lebih banyak. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk mendukung proses penurunan berat badan.

 

Bahkan para ahli menyebutkan dengan mengonsumsi jeruk Mandarin bisa membantu mengurangi tingkat insulin.

 

Jeruk Mandarin bukan hanya menyimpan gula yang kemudian diubah menjadi lemak, tetapi juga menggunakannya sebagai sumber energi yang bisa membantu proses penurunan berat badan secara efektif.

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

 

Selain untuk kesehatan tubuh, jeruk Mandarin juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Kandungan Vitamin C dalam jeruk Mandarin sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, baik bila dikonsumsi secara langsung maupun dioleskan ke kulit.

 

Dengan mengonsumsi jeruk Mandarin secara rutin dipercaya dapat memberikan efek kulit yang lebih cerah dan bercahaya.

 

Pasalnya, kandungan antioksidan dalam jeruk Mandarin memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA, sekaligus membantu melawan dampak buruk dari paparan sinar matahari serta radikal bebas.

 

Selain itu, jeruk Mandarin juga bisa mengatasi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, dan noda hitam pada kulit wajah.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *